Lokasi dan Cara Pasang Inverter Surya

 

 

Inverter adalah alat yang digunakan untuk mengubah sistem listrik searah (DC) menjadi listrik bolak-balik (AC). Alat ini wajib ada dalam setiap sistem PLTS karena listrik yang dihasilkan oleh panel surya ialah DC dan listrik yang kita gunakan sehari-hari adalah AC.

 

Memilih lokasi yang tepat adalah langkah penting dalam keberhasilan pemasangan sistem tenaga surya. Perangkat energi surya dapat bertahan hingga 20 tahun lebih, dan lokasi memainkan peran penting dalam keawetan sistem surya. Pilih lokasi yang memungkinkan akses mudah untuk diservis atau diperbaiki nanti. Meskipun memasang di bawah sinar matahari langsung diperbolehkan, praktik terbaik adalah memasang di lokasi yang bersih dan iklimnya dapat diatur. 

 

 

Tempat yang ideal untuk memasang inverter string pada proyek-proyek solar atap komersial atau di perumahan adalah di dalam ruangan yang iklimnya dapat dikontrol, tetapi kondisi seperti itu belum tentu bisa kita dapatkan. Ketika opsi pemasangan di permukaan tanah tidak bisa dilakukan, kita sering menempatkan perangkat elektronik daya yang rapuh ini di atap tidak jauh dari panel surya.

 

Dalam/Luar Ruang

 

Mayoritas inverter memiliki rating outdoor. Inverter memiliki ventilasi operasi suhu yang cukup luas, tetapi perlu di ingat, perangkat elektronik berperforma lebih baik di suhu yang dapat diatur. Inverter juga perlu dilindungi dari potensi vandalisme, sehingga pagar adalah keharusan jika inverter dipasang di permukaan tanah, terutama jika anak-anak berada di dekatnya.

 

Inverter juga dapat dipasang di atap, dekat dengan panel surya. Keuntungan pemasangan di atap adalah koneksi internet seluler yang lebih stabil untuk pemantauan data.



Ketika Anda menggunakan internet seluler, inverter disarankan tidak diletakkan di ruang bawah dengan atap beton karena mungkin layanan seluler tidak dapat beroperasi maksimal, sehingga meletakkan inverter di atap bisa menjadi keuntungan.

 

Jika Anda memilih meletakkan inverter di dinding, langkah selanjutnya adalah menemukan tempat pemasangan terbaik. Memprioritaskan tempat teduh, dengan dinding vertikal atau tembok pembatas. Pilih tempat yang mudah dijangkau agar mudah saat perawatan. Jika dinding vertikal tidak tersedia, buat sistem racking menggunakan penyangga baja.

 

 

Pemasangan

 

Saat memasang inverter di tembok, pastikan permukaan atau struktur pemasangan dapat menopang bobot inverter dan bracket, dan pastikan bahwa lebar bentang bracket.

 

Untuk memungkinkan pembuangan udara panas maksimal, pertahankan jarak area bebas minimum antara inverter dan objek lainnya. Untuk akses mudah saat perawatan atau perbaikan, disarankan area sekitar tidak sempit.

 

Posisikan braket pemasangan pada dinding/tiang dan tandai lokasi lubang pengeboran. Pastikan tepi braket rata berada di bagian bawah. Gunakan setidaknya dua lubang bracket. Lubang tambahan dapat digunakan untuk memperbaiki braket. Tentukan lubang mana dan berapa banyak untuk digunakan sesuai dengan jenis permukaan pemasangan. Bor lubang dan pasang braket. Pastikan braket terpasang erat ke permukaan pemasangan.

 

Saat memasang inverter pada permukaan yang tidak rata, Anda dapat menggunakan spacer/washer di belakang lubang pemasangan atas braket. Tergantung pada sudutnya, gunakan ukuran dan jumlah spacer yang sesuai sehingga braketnya benar-benar menempel ke permukaan. 

 

Gantung inverter pada braket. Angkat inverter dari samping, atau pegang di bagian atas dan bawah inverter untuk mengangkat unit ke tempatnya. Kencangkan braket menggunakan baut standar. Pastikan braket terpasang dengan benar dan menempel kuat pada permukaan.

 

Hampir semua inverter menghasilkan panas saat sedang bekerja. Semakin rendah suhu inverter, semakin tinggi efisiensi. Karena itu masuk akal untuk menginstal inverter dengan ventilasi udara cukup untuk memaksimalkan keluaran dan kinerja energi. Hindari dinding yang terkena sinar matahari langsung pada tengah hari. 

 

Pada akhirnya, inverter adalah perangkat elektronik pengatur daya. Perangkat elektronik akan selalu bekerja maksimal asal terhindar dari panas matahari langsung, dan komponennya akan bertahan lebih lama di tempat teduh.





Related Article

Categories