Pasang Sendiri Panel Surya di Atap dengan Mudah

Jelas saat ini adalah masa yang tidak pasti, tetapi kami di ICASolar akan terus menyajikan informasi dan saran yang relevan kepada komunitas surya kami. Coronavirus telah memaksa banyak dari kita untuk bekerja dari rumah dan memanfaatkan yang terbaik dari situasi yang kurang ideal. Pertama, kita harus menjaga kesehatan dan keselamatan keluarga kita dan orang-orang terkasih. Lalu, mari kita kembali menumbuhkan industri surya ini.

Sulit untuk tetap termotivasi ketika tanggung jawab terhadap keluarga dan kecemasan tentang masa depan menjadi sesuatu yang tidak pasti. Tetapi jika Anda mampu, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memoles pelatihan tenaga surya untuk memposisikan diri Anda menjadi lebih baik ketika saatnya keluar dari pandemi ini. Ekonomi mungkin turun, tetapi banyak pemilik rumah dan bisnis mungkin mencari cara untuk mengurangi biaya listrik dan dengan demikian keinginan untuk memasang tenaga surya sendiri bisa menjadi pilihan. 

Sistem panel surya atap merupakan salah satu solusi penghematan biaya listrik. Panel surya dipasang diatas genteng rumah supaya bisa menyerap cahaya matahari dengan maksimal, bertujuan agar dapat memaksimalkan pemanfaatan ruang atap yang biasanya hanya berfungsi untuk melindungi pemilik rumah dari panas atau hujan.

Bagi Anda yang berencana memasang panel surya sendiri dirumah, kami akan membahas cara memasangkan panel surya sendiri dirumah sampai dapat menghasilkan listrik dari matahari dan diaplikasikan kedalam alat kelistrikan yang ada dirumah.

 

Sebelum dimulai, berikut langkah memasang panel surya sendiri:

- Desain dan ukur energi surya yang akan dipasang berdasarkan kebutuhan energi

- Siapkan perangkat sistem energi surya Anda (panel surya, inverter, racking)

- Pasang racking atau dudukan untuk panel

- Hubungkan panel surya ke peralatan racking Anda

- Pasang inverter surya

 

Selain komponen, Anda juga harus mempersiapkan alat-alat yang dapat membantu pekerjaan seperti :

- AVO meter/multitester/multimeter sebagai alat pengukur kelistrikan

- Obeng min dan plus

- Keluarga Tang, tang pemotong, tang kupas, tang lancip, serta tang kombinasi

- Palu

- Gergaji besi

- Meteran

- Gurinda tangan bila diperlukan untuk memotong besi lebih cepat

- Bor tangan bila diperlukan untuk melubangi lebih cepat

- Pisau bila diperlukan

- Serta alat lain yang dapat membantu pekerjaan boleh digunakan

 

Langkah Pertama Penelitian dan Izin

Untuk pelanggan PLN yang berminat membangun dan memasang Sistem PLTS Atap harus mengajukan permohonan pembangunan dan pemasangan Sistem PLTS Atap kepada General Manager Unit Induk Wilayah/Distribusi PT PLN yang dilengkapi persyaratan administrasi dan persyaratan teknis.

Sebagai contoh,, rooftop panel surya berkapasitas 1 kWp dapat menghasilkan listrik selama 8 jam dari pukul 08.00 sampai 16.00. Dengan intensitas sinar matahari di Jakarta, total yang dihasilkan kurang lebih 3,5 kWh per hari atau sekitar 100 kWh per bulan.

 

Langkah Kedua Penentuan lokasi

Lokasi yang baik agar panel surya dapat bekerja maksimal adalah di tempat terbuka, dan berhadapan langsung dengan matahari dan atap rumah merupakan salah satu lokasi terbaik untuk pemasangan panel surya.

Kenapa memilih atap rumah?

Biasanya atap rumah berada ditempat paling atas dan paling terbuka dan lebih dekat dengan pengguna sehingga mudah dikontrol. Pasang diatap juga tidak menyia-nyiakan tempat kosong. Bagi penghuni yang berketerbatasan ruang, atap rumah biasa menjadi lahan yang tepat. Selain itu panel di atap dapat membantu mengantisipasi kebocoran air hujan.

 

Langkah Ketiga Instal Braket dan Rel 

Saat memasang dudukan atap panel surya adalah mencari tahu harus dipasang dimana braket dan rel. Braket tugasnya menahan panel surya di tempatnya. Braket dan rel dibuat agar tahan lama dan untuk menahan hempasan angin yang dapat menggeser panel dari atap. 

Langkah selanjutnya adalah memasang sekrup ke atap. Buat lubang dengan hati-hati menggunakan bor. Letakkan sekrup di lubang dan kencangkan. Pastikan bahwa rel aluminium atas dan bawah dibaut dengan kencang. Setelah Anda memastikan relnya berbentuk bujur sangkar, saatnya untuk memasang rel tengah. Rel tengah harus sejajar dengan rel atas dan bawah.

 

Langkah Keempat Instal Panel Surya

Langkah ini lebih baik dilakukan oleh dua orang, terutama di atap yang curam. Kemudian pasang panel surya dengan mengangkatnya ke atap, meletakkannya di atas braket atau sistem pemasangan di rel, dan ikatkan ke braket atau sistem rel. Saat memasang panel surya pastikan panel tidak meluncur turun dari atap yang miring. Mulai pasang panel dari sudut terjauh dari lokasi inverter Anda, hubungkan masing-masing kabel panel ke kabel yang cocok pada host-nya. Letakkan panel dan gunakan klem dan jepit panel menggunakan bor Anda.

Panel dipasang ke rel menggunakan klip yang dirancang khusus mengencangkan panel hingga ke tepi. Klip memungkinkan panel dapat dilepas dengan cepat dan mudah untuk pemeliharaan atap. Kabel listrik di belakang setiap panel terhubung ke panel yang berdekatan untuk membentuk "string".

 

Langkah Kelima Pemasangan Kabel

Ketika instalasi panel surya selesai dan panel telah dipasang, sekarang saatnya menghubungkan kabel. Pastikan semua kabel terisolasi dengan benar dan kedap air. Untuk mencegah korsleting listrik, selalu sambungkan kabel dari perangkat pemasangan ke ground saat melakukan instalasi panel surya.

Setelah panel terhubung dan disejajarkan di tempatnya, saluran kabel diatur di bawah panel, menuju ke junction box. Kabel tersebut disalurkan menuju ke komponen fotovoltaik pada sistem energi surya Anda.

Untuk instalasi tenaga surya, Anda harus menggunakan "kabel" yang terdiri dari tiga jenis: kabel negatif, positif dan kabel ground. Kabel tidak boleh menyentuh atap. Memasang saluran pada semua kabel dari panel sangat penting untuk melindungi dari paparan hujan, sinar matahari, dan elemen lainnya.

 

Langkah Keenam Pasang Inverter dan Hubungkan ke Listrik PLN

Pasang inverter dan komponen fotovoltaik lainnya dan pastikan area pemasangan inverter kering, berventilasi baik dan bahwa tidak terkena suhu panas atau dingin yang ekstrim. Gantung inverter di dinding menggunakan braket dengan beberapa sekrup. Hubungkan kabel DC dari panel surya dan koneksikan ke inverter. 

Langkah selanjutnya dalam instalasi PV biasanya akan menjalankan daya dari inverter ke komponen sistem lainnya. Untuk melakukan ini, pertama-tama matikan semua sumber daya AC dan DC. Kemudian hubungkan inverter ke panel pemutus AC. Hubungkan kabel PV ke sakelar pemutus DC dan ke komponen sistem fotovoltaik lainnya hingga DC terputus. Kemudian sambungkan pemutus DC utama ke inverter.

Setelah yakin sistem terpasang, anda dapat mengkoneksikan dengan instalasi rumah tangga dan PLN.

Kesimpulan

Setelah semua terpasang dan terhubung, sisanya bekerja secara otomatis. Sistem PLTS Atap menghasilkan listrik setiap hari, yang mengurangi tagihan listrik.

Di musim hujan, matahari bersinar lebih singkat sehingga kita mengkonsumsi listrik dari PLN lebih banyak dari yang panel surya hasilkan. Tapi di musim panas, surplus energi surya sangat besar dan dapat menghemat biaya listrik secara signifikan.

 

 

 


Related Article

Categories