5 Hal yang Harus Harus Dihindari Saat Beralih ke Energi Surya

 

Energi surya sedang trend, saat tarif listrik terus naik, banyak pemilik rumah beralih ke panel surya berbiaya rendah. Garansi rata-rata panel surya selama 25 tahun dapat menghasilkan penghematan besar dalam keuangan rumah tangga.

 

 

 

Namun, memasang panel surya adalah investasi waktu dan keuangan, dan penting untuk mengetahui kesalahan apa yang harus dihindari ketika memutuskan menggunakan energi surya.

Pertimbangkan lima kesalahan umum ini sebelum Anda memutuskan untuk memasang energi surya.

 

1. Jangan Tunda Pasang Panel Surya

Memutuskan untuk memasang sistem energi surya adalah keputusan besar yang dapat menimbulkan biaya tambahan. Banyak orang ragu-ragu ketika memutuskan untuk pasang energi surya karena biaya. Tetapi semakin lama Anda menunggu, semakin banyak penghematan yang terlewatkan.

 

 

Ingin pasang panel surya tapi menunggu adanya promo, potongan harga dan insentif merupakan hal wajar. Jika nantinya banyak orang tertarik dengan jenis energi terbarukan ini, popularitas energi surya akan semakin tinggi yang bisa saja menyebabkan dihapusnya potongan harga dan pengurangan pajak. Jika Anda menunda-nunda memasang energi surya, mungkin sudah terlambat untuk mengambil keuntungan dari insentif keuangan.

 

2. Sudut Optimal Pemasangan Panel Surya

Salah satu kesalahpahaman terbesar tentang pemasangan panel surya atap adalah rumah harus menghadap ke arah tertentu, biasanya ke utara, agar dapat menyerap matahari. Ini salah besar. Anda dapat menggunakan energi matahari tidak peduli ke arah mana rumah Anda menghadap.

 

 

Efisiensi panel surya dibuat sedemikian rupa sehingga atap yang berada di tempat teduh atau yang menghadap ke arah selain utara hanya akan kehilangan sekitar 10 hingga 15 persen dari serapan energi surya yang optimal. Walaupun efisiensi kurang maksimal dikarenakan letak atap atau arah pemasangan bukan menghadap ke utara, tetap saja investasi energi surya sangat dianjurkan untuk penghematan biaya listrik.

 

3. Membeli Panel Surya Murah?

Anda mungkin mempertimbangkan untuk beralih ke energi surya karena potensi penghematan uang. Namun, menghemat uang dengan membeli panel surya kualitas rendah tapi murah merupakan keputusan yang tidak tepat. Ingatlah bahwa membeli panel surya murah mungkin tampak seperti penghematan tetapi dalam jangka panjang akan menghabiskan lebih banyak uang saat Anda harus mengganti bagian sistem yang rusak.

 

 

Anda juga tidak harus membeli baterai yang mahal untuk panel surya dan mengabaikan sel surya kecil karena yang lebih besar belum tentu lebih baik. Kecuali jika Anda seorang yang ahli dan tahu seberapa besar panel surya yang paling cocok untuk rumah Anda, disinilah nasihat dari penginstal profesional sangat dibutuhkan. Tim profesional akan membantu Anda menentukan mulai dari pemilihan panel surya hingga lokasi pemasangan yang tepat di rumah Anda.

 

4. Tidak Semuanya Dapat Anda Lakukan Sendiri

Jika Anda adalah tipe orang yang suka melakukan sesuatu sendiri, terutama jika Anda melihatnya sebagai cara untuk menghemat uang, Anda mungkin tergoda untuk menginstal sendiri sistem energi surya. Namun, apakah Anda tahu seberapa besar ukuran panel surya? Berapa banyak rail yang dibutuhkan untuk pasang panel surya di atap? Apakah Anda tahu cara mengkoneksikan inverter dan panel surya?

 

 

Jika Anda ragu atau masih awam mengenai pemasangan panel surya, Anda harus menyerahkan instalasi ke ahlinya. Anda pastinya tidak ingin membuat kesalahan saat pemasangan yang dapat menyebabkan kerusakan pada rumah atau jika terjadi masalah dengan penggunaan energi Anda. Pastikan berkonsultasi dengan seseorang yang memiliki reputasi baik untuk menyelesaikan proyek Anda; mempekerjakan seseorang dengan biaya murah atau seseorang yang bukan ahli dalam bidangnya sama buruknya dengan melakukannya sendiri.

 

5. Memiliki Harapan yang Terlalu Tinggi

Jika Anda bertanya-tanya, "Apakah solar sepadan?," Anda mungkin berharap melihat penghematan instan setelah memiliki sistem energi surya. Namun yang perlu diingat bahwa tergantung pada jenis sistem panel surya dan penggunaan energi rata-rata, mungkin dibutuhkan waktu bertahun-tahun sebelum mulai melihat hasil keuntungan finansial dari pengadopsian energi surya.

Penting juga untuk diingat bahwa kita tidak dapat mengendalikan matahari dan sinarnya tidak dapat diprediksi. Output sistem energi surya Anda dapat bervariasi dari hari ke hari dan dari musim ke musim tergantung pada jumlah jam siang hari dan jumlah awan yang menutupi daerah Anda.

 

 

Karena itu, Anda harus memiliki ekspektasi yang masuk akal untuk berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk balik modal investasi. Variasi sehari-hari dalam penggunaan dan penghematan energi adalah normal.

Memilih untuk beralih ke energi matahari adalah ide yang bagus untuk lingkungan dan dompet Anda. Saat Anda bersiap untuk memulai perubahan dan memanfaatkan energi surya, ingat lima kesalahan umum ini, dan cobalah untuk dihindari.

 





Related Article

Categories