Apakah Panel Surya dapat Bekerja pada Malam Hari, Cuaca Mendung atau Hujan?

Jika Anda sering bertanya “Apakah panel surya berfungsi pada malam hari?”, Anda tentu tidak sendirian. Jika Anda memilih panel surya untuk penggunaan listrik di rumah, harus dapat memahami proses bagaimana panel surya dapat menjadi sumber enargi yang dapat diandalkan pada saat malam hari.

Bagaimana cara kerja panel surya di malam hari?

Panel surya sangat membutuhkan sinar matahari untuk menghasilkan energi listrik yang dapat digunakan di rumah Anda. Jadi – jawaban sederhana untuk pertanyaan diatas adalah tidak!. Kebingungan mengenai kinerja panel surya di malam hari sering disebabkan oleh konsep penyimpanan panel itu sendiri, yang memungkinkan rumah tetap memiliki pasokan energi di malam hari.

Tujuan dari sistem panel surya adalah untuk menyerap sinar matahari, juga dikenal sebagai energi fotovoltaik (PV), dan mengubahnya menjadi daya arus searah (DC). Daya DC dikirim melalui sistem inverter untuk diubah menjadi listrik arus bolak-balik (AC), yang merupakan jenis energi yang digunakan pada kebanyakan rumah. Pada saat kondisi ini, array panel surya Anda dapat memberi pasokan listrik ke rumah. Jika solar panel memproduksi lebih banyak listrik daripada yang Anda butuhkan, kelebihannya akan dikirimkan kembali ke jaringan listrik.
Karena panel surya hanya dapat menghasilkan listrik di siang hari, pertanyaannya kemudian menjadi “bagaimana panel surya akan menyediakan daya semalaman jika tidak ada sinar matahari?” Ada dua solusi utama yang dapat menjawab pertanyaan tersebut. Net metering atau biasa disebut export-import dan teknologi penyimpanan solar, memungkinkan sistem panel surya dapat mengakses listrik sepanjang malam walaupun pada saat produksi panel surya tidak aktif, baik melalui sambungan ke jaringan listrik atau ke baterai. Berkat koneksi jaringan yang terintegrasi dan sistem penyimpanan energi surya, panel surya merupakan solusi energi tanpa henti 24 jam.

Bagaimana panel surya dan net metering memasok energi matahari sepanjang malam?

Salah satu alasan terbesar bahwa sistem panel surya rumah adalah investasi yang baik adalah net metering. Berikut ini cara sederhana untuk memahami apa yang diukur oleh sistem net metering: ketika panel surya Anda menghasilkan kelebihan daya, panel surya akan mengembalikan energi berlebih ke jaringan (grid). Kompensasinya untuk kelebihan pasokan energi ini adalah kredit yang ditambahkan ke tagihan listrik Anda. Artinya, kelebihan produksi energi Anda akan digantikan dengan uang.
Net metering juga berarti bahwa rumah Anda tetap menggunakan koneksi ke jaringan listrik konvensional (PLN) walaupun setelah Anda memasang panel surya. Koneksi jaringan ini memastikan bahwa Anda masih memiliki energi terlepas dari variasi perubahan cuaca atau musim yang terjadi.

Panel surya Anda mungkin menghasilkan lebih banyak listrik daripada yang Anda butuhkan di siang hari (terutama selama musim panas). Namun, panel surya tidak akan menghasilkan energi pada malam hari ketika sinar matahari tidak bersinar dan pada saat itulah Anda menggunakan kelebihan yang Anda hasilkan dari mengirim kelebihan listrik kembali ke grid. Idealnya, kelebihan yang diperoleh dari produksi surplus panel akan melindungi selama Anda membutuhkan pasokan listrik dari grid. Dalam hal ini, grid berfungsi sebagai penyimpan energi.
Satu-satunya kekurangan net metering adalah belum tersedia secara luas, yang berarti bahwa ada kebutuhan lain untuk opsi pasokan daya malam hari. Sebelum penemuan inverter grid yang memungkinkan digunakannya net metering, semua sistem panel surya menggunakan sistem off-grid. Pengguna panel surya harus mengatur semua energi listrik yang dihasilkan sendiri dan menyimpan kelebihan energi dengan bantuan bank baterai yang besar. Pada saat itu, pilihan penyimpanan energi solar masih mahal dan kombinasi ini membuat energi alternatif sinar matahari menjadi opsi yang jarang dipilih.Namun, pasar penyimpanan energi matahari mulai meningkat. Sekarang, banyak pemilik rumah melihat baterai sebagai opsi terbaik untuk penyimpanan energi agar dapat digunakan pada malam hari.

Apakah panel surya bekerja pada saat cuaca berawan atau mendung?

Jawaban sederhananya adalah bahwa panel surya dapat menyerap energi pada cuaca berawan – hanya saja kinerjanya tidak sebaik pada saat cuaca cerah. Perkiraannya, panel surya akan menghasilkan sekitar 10 – 25% output daya normal pada kondisi berawan. Dengan kata lain, panel surya tidak bekerja dengan baik pada cuaca hujan, mendung atau berawan.
Penting untuk disebutkan di sini bahwa, bertentangan dengan apa yang mungkin kita yakini, iklim mendung dan hujan masih sering menjadi tempat populer untuk instalasi solar panel. Faktor yang paling penting untuk popularitas panel surya adalah biaya listrik, bukan jumlah sinar matahari dapat menyinari sebuah kota. Banyak dari kota-kota besar tidak terlalu bersahabat dengan matahari. Sebaliknya, mereka memiliki tarif listrik yang tinggi, dengan hasil bahwa pemilik rumah menuai keuntungan besar dalam hal penghematan tagihan dan balik modal cepat.
Sebagai contoh, ambil kota Bogor, yang terkenal karena sering hujan dan awan mendung melayang-layang di atas kota selama hampir sepanjang tahun. Namun, Bogor adalah kota rekomendasi untuk pemasangan panel surya sebagai akibat iklim yang umumnya hangat dan menghasilkan sinar matahari yang lembut tapi konsisten sepanjang tahun. Contoh ini membantu untuk menggambarkan mengapa sinar matahari saja tidak dapat menentukan seberapa efektif matahari akan menghasilkan penghematan energi.Dalam beberapa kasus, awan sebenarnya dapat menghasilkan kinerja panel yang lebih baik daripada cuaca cerah. Awan dapat memantulkan atau kadang-kadang bahkan memperbesar sinar matahari, yang menghasilkan output daya tambahan dari panel surya.

Kapan waktu terbaik panel surya dapat bekerja?

Panel surya tidak akan beroperasi dengan maksimal saat awan menghalangi matahari, dan tidak akan menghasilkan energi pada saat malam hari. Kuncinya adalah merencanakan semua pada saat instalasi panel surya. Baik itu net metering atau opsi penyimpanan energi matahari yang tepat. Hampir setiap orang dapat membangun sistem energi matahari untuk memberi daya bagi rumah mereka dengan harga masuk akal di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini.
#kerjapanelsurya#waktuterbaikpanelsurya

Leave a Reply

Close Menu