PJU Solar Panel

Penerangan Jalan Umum (PJU) merupakan sistem penggunaan lampu jalan secara gratis yang dibangun oleh Pemerintah Daerah (Pemda) setempat sebagai fasilitas umum bagi masyarakat. Keberadaan PJU sangat dibutuhkan bagi masyarakat, mengingat dengan adanya PJU masyarakat bisa merasakan keamanan dan kenyamaan bila berada di tempat umum saat malam hari. Bagi kawasan perkotaan, keberadaan PJU juga sangat erat kaitannya dengan keindahan lingkungan maupun strategi fasilitas ruang hijau seperti di Jakarta.

Kebutuhuan listrik pasti akan terus meningkat, baik secara biaya ataupun penggunaannya setiap tahun. Penggunaan PJU yang ada sekarang masih memerlukan bantuan listrik dari PLN, hal inilah yang mendorong terciptanya PJU tenaga surya, yaitu Penerangan Jalanan Umum yang menggunakan cahaya matahari sebagai pengganti energi listrik dari PLN

Komponen PJU tenaga surya meliputi dari komponen pembangkit, komponen beban dan komponen pendukung. Komponen pembangkit terdiri dari Panel Surya, solar charge controller dan battery, untuk komponen beban berupa lampu LED, dan komponen pendukung terdiri dari tiang, kabel box battery dan aksesoris PJU. Berikut ini merupakan keuntungan penggunaan PJU dari PLTS

 

1. Tidak bergantung kepada jaringan PLN

Dengan menggunakan PJU tenaga surya, maka jaringan listrik tidak perlu lagi bergantung kepada jaringan listrik dari PLN, karena pada sistem PJU tenaga surya ini sudah menggunakan battery sebagai daya tampung energi dari cahaya matahari.

2. Ramah lingkungan

Secara umum sistem listrik yang dihasilkan dari PJU tenaga surya ini tidak memberikan kontribusi buruk terhadap perubahan iklim, karena tidak menghasilkan polusi seperti karbon dioksida dan juga bebas dari suara bising yang mengganggu.

3.  Sumber Energi Tidak Terbatas

Energi oleh sistem tenaga surya merupakan energi alternative yang melimpah (cahaya matahari), karena matahari merupakan tatasurya yang tidak akan berhenti menyinari bumi. Indonesia termasuk negara yang banyak mendapatkan energi matahari ini, karena Indonesia dilintasi garis khatulistiwa, sehingga matahari akan selalu menyinari Indonesia sistem tata surya berjalan

4. Bebas Biaya Listrik

Karena PJU tenaga surya bersifat mandiri yang tidak bergantung kepada jaringan PLN, maka PJU ini tidak akan ada masalah jika terjadi pemadaman listik oleh pihak PLN. PJU tenaga surya menggunakan sistem battery sebagai daya penampung energi listrik, jadi jika terjadi pemadaman listrik PLN maka PJU ini tetap bisa digunakan.

5. Usia Penggunaan Panjang

Usia pakai PJU Panel Surya rata-rata memiliki usia pakai sampai dengan 25 tahun dengan efisiensi selama 10%. Contoh PJU panel solar ini menggunakan lampu LED dengan usia pakai sampai 50.000 jam dengan lama PJU menyalah 10 jam per-harinya, maka usia pemakaian lampu LED diperkirakan bisa mencapai 13 tahun lamanya. Apabila dibandingkan dengan lampu konvensional yang digunakan oleh PJU listrik dari PLN maka penggunaan PJU Panel Surya bisa lebih tahan lama.