Mengenai Sistem On-Grid

On grid bekerja secara langsung dari panel surya tanpa menggunakan battery yang bisa dikatakan lebih efisien, karena sistem on grid tidak perlu lagi menggunakan battery yang dapat menambah beban biaya perawatan. Sistem on grid bekerja secara bersama-sama dengan jaringan listrik dari PLN, secara umum sistem on grid sangat membantu untuk mengurangi biaya listrik untuk daerah pemukiman.

Sistem kerja on grid dimana energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya/solar cell adalah arus DC (Direct Current), kemudian diubah menjadi arus AC (Alternating Current) melalui inverter. Arus AC dari inverter dikoneksikan langsung kepada beban yang membutuhkan energi listrik, seperti penggunaan untuk lampu, AC, TV dan perabot elektronik yang membutuhkan listrik lainnya. Sistem on grid bekerja secara bersama-sama dengan jaringan arus PLN, yakni arus listrik PLN menjadi penghubung/penyalur untuk arus listrik dari panel surya untuk beban, sehingga seluruh penggunaan listrik pada waktu siang hari menggunakan energi lisrik dari panel surya/solar cell, dan untuk listrik dari PLN digunakan pada malam hari.

Sistem on grid bekerja dapat melalui arus listrik dari jaringan PLN untuk memberikan energi yang dibutuhkan baik di rumah, kantor maupun pabrik. Sistem on grid telah dirancang untuk dapat sinkron dengan system listrik PLN, sehingga tidak perlu kawatir akan terjadi konflik arus listrik yang berbahaya.