Fungsi dan Manfaat Panel Surya

Panel surya memiliki fungsi yang baik dalam pemakaian nya. Selain itu pemakaian panel surya memiliki kelebihan yang sangat penting  misalnya kita dapat melakukan penghematan dan juga karena matahari adalah sumber daya yang ada terus menerus tentu akan sangat memberikan  manfaat untuk kita.
Manfaat Panel Surya :
1. Hemat, karena tidak perlu memerlukan bahan bakar
2. Dapat dipasang dimana saja dan dapat dipindahkan sesuai dengan yang dibutuhkan
3. Dapat diterapkan secara sentralisasi (PLTS ditetapkan di suatu area dan listrik yang dihasilkan disalurkan melalui jaringan distribusi ketempat-tempat yang membutuhkan) maupun desentralisasi (setiap system berdiri sendiri/individual, tidak memerlukan jaringan distribusi)
4. Bersifat moduler. Kapasitas listrik yang dihasilkan dapat disesuaikan dengan cara merangkai modul secara seri dan parallel
5. Dapat dioperasikan secara otomatis maupun menggunakan operasi
6. Tanpa suara dan tidak menimbulkan operasi lingkungan.

Kelebihan Panel Surya:
Panel surya ramah lingkungan dan tidak memberikan kontribusi terhadap perubahan iklim seperti pada kasus penggunaan bahan bakar fosil karena panel surya tidak memancarkan gas rumah kaca yang berbahaya seperti karbon dioksida.
Panel surya tidak memberikan kontribusi terhadap polusi suara dan bekerja dengan sangat diam.
Banyak negara di seluruh dunia menawarkan insentif yang menguntungkan bagi pemilik rumah yang menggunakan panel surya.
Panel surya memanfaatkan energi matahari dan matahari adalah bentuk energi paling berlimpah yang tersedia di planet kita. Panel surya mudah dipasang dan memiliki biaya pemeliharaan yang sangat rendah karena tidak ada bagian yang bergerak.
Sampai saat ini teknologi panel surya terus bersaing dengan energi fosil, meski kalah namun panel surya menjadi sumber energi yang aman untuk digunakan terhadap lingkungan mengingat panel surya tidak menimbulkan polusi atau efek rumah kaca yang dapat menyebabkan pemanasan global.
Tidak diharuskan membeli semua panel surya yang diperlukan dalam waktu yang sama, tetapi dapat dibeli secara bertahap yang berarti Anda tidak perlu melakukan investasi besar secara instan. Pemeliharaan dari panel surya cukup terbilang sederhana, mengingat panel surya tidak terdapat bagian yang bergerak. Panel surya tidak kehilangan banyak efisiensi dalam masa pakai mereka yang mencapai 20+ tahun. Masa pakainya yang panjang, mecapai 25-30 tahun, menggaransi penggunanya akan menghemat biaya energi dalam jangka panjang pula.