Aplikasi Panel Surya

Aplikasi pemasangan Panel Surya biasanya dapat Anda temui pada atap perkantoran maupun perumahan. Akan tetapi tahu kah Anda bahwa Penerapan aplikasi Panel Surya juga dapat dimanfaatkan sebagai alat pembantu tambahan prasarana bagi masyarakat.
1. Area tepat parkir kendaraan

Terkadang banyak tempat perbelanjaan di daerah perkotaan menyedikan lahan parkir kendaraan baik mobil maupun motor. Akan tetapi pemanfaatannya hanya sebagai tempat parkir semata, padahal jika dapat dimaksimalkan fungsinya lahan parkir tersebut juga dapat difungsikan sebagai tempat pemasangan Panel Surya.

 

2. Sebagai Tempat Teduh Teras Rumah

Pemasangan Panel surya tidak hanya dapat diaplikasikan pada wilayah permukaan atap rumah saja, di Negara eropa Panel Surya juga dapat sebagai alat pengganti atap rumah (genting) sebagai pelindung dari panas matahari dan hujan.

3. Sebagai Energi bagi kapal laut

Saat ini penggunaan tenaga panel surya juga sudah merambah pada kemajuan teknologi yang sudah diterapkan di kapal laut, dimana kapal laut tidak memerlukan bahan bakar sebagai energi untuk memacu mesin melainkan panel surya.

4. Sebagai tenaga motor sepeda

Panel surya saat ini sudah menjadi hal umum, penggunaannya pun sekarang sudah sangat inovasi sekali. Foto diatas menjelaskan energy matahari dapat diserap oleh panel surya yang dipasang pada velk sepeda tersebut. Tenaga dari panel surya tersebut disimpan pada baterai yang kumudian dikonversikan menjadi penggerak mesin motor di sepeda.